Cara Screenshot di Windows 7, 8 dan 10 dengan mudah

Cara Screenshot di Windows 7, 8 dan 10 dengan mudah - Tidak banyak orang yang tahu, tetapi Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan sangat mudah dan cepat di Windows. Yah, jangan khawatir karena hari ini kami akan mengajarkan bagaimana Anda bisa melakukan itu. 

Cara Screenshot di Windows 7, 8 dan 10 dengan mudah

Kami harus menyebutkan bahwa dalam postingan ini berfungsi pada SEMUA versi Windows modern seperti Windows 7, 8 dan 10.

Cara Screenshot di Windows 7, 8 dan 10 dengan mudah

Menggunakan "PrtScn" (Layar Cetak) atau CTRL + PrtScn
Metode ini sangat populer karena Anda hanya perlu menekan tombol PrtScn (Print Screen) atau kunci CTRL + PrtScn. Setelah Anda melakukan ini, Windows membuat screenshot dari seluruh layar dan menyimpannya ke clipboard. Ingatlah bahwa Anda harus menyimpan tangkapan layar secara manual dengan membuka program pengeditan gambar, seperti Paint, dan “paste” (CTRL + V) tangkapan layar. Setelah itu, Anda hanya perlu menyimpan file dan selesai.

Menggunakan Windows + PrtScn
Anda juga dapat mengambil tangkapan layar seluruh layar dan secara otomatis menyimpannya sebagai file di hard drive. Anda hanya perlu menekan tombol Windows + PrtScn dan file tangkapan layar akan disimpan di perpustakaan Pictures, di folder Screenshot. File akan diberi nama Screeenshot (x) .png di mana "x" adalah jumlah tangkapan layar.

PETUNJUK: Jika Anda menggunakan Windows 10, Anda akan menemukan tangkapan layar dengan membuka Aplikasi Foto dan menuju ke Folder-> Gambar-> Screenshot.

Menggunakan Alt + PrtScn
Di Windows Anda juga dapat menggunakan Alt + PrtScn dan ini akan mengambil tangkapan layar dari jendela yang aktif. Kemudian Anda dapat membuka Paint atau aplikasi pengeditan gambar lainnya, tempel gambar dan simpan ke komputer Anda.

Menggunakan Windows + Shift + S (Hanya Tersedia di Windows 10)
Jika Anda menjalankan Windows 10 di komputer Anda, maka Anda harus tahu bahwa dengan menekan tombol Windows + Shift + S Anda akan menangkap wilayah layar Anda dan menyalinnya ke clipboard Anda. Ingatlah bahwa Anda akan memiliki kemungkinan untuk secara manual memilih wilayah yang ingin Anda salin, yang sangat bagus karena Anda tidak akan memerlukan aplikasi untuk melakukan itu.

Seperti yang sudah Anda ketahui, setelah itu Anda harus menempelkan gambar di Paint dan menyimpan file di komputer Anda.

Menggunakan Alat Snipping
Aplikasi yang cukup bagus yang dapat Anda gunakan pada PC Windows Anda disebut "Sniping Tool." Dengan menggunakan aplikasi ini Anda akan dapat membuat semua jenis tangkapan layar, tetapi juga memiliki kemungkinan untuk melakukan beberapa perubahan kecil pada mereka. Anda hanya perlu menulis kata-kata "alat snipping" di kotak pencarian "Start Menu" (di Windows 7 atau Windows 10) atau di layar Start (jika Anda menggunakan Windows 8.1), dan klik pada alat ketika ditemukan.

Cara Mengambil Screenshot Di Tablet Windows
Jika Anda memiliki tablet Windows maka Anda tidak akan memiliki keyboard dengan tombol "PrtScn" tersedia. Anda memiliki kemampuan untuk menggunakan Alat Snipping, tetapi itu mungkin tidak terlalu berguna untuk digunakan pada tablet. Sebagai gantinya, Anda harus menggunakan tombol perangkat keras yang tersedia di tablet Anda. Untuk mengambil tangkapan layar layar penuh pada perangkat Anda, Anda harus menekan tombol Windows Logo + Volume Down secara bersamaan.

Setelah Anda melakukannya, Anda akan melihat bahwa layar akan menjadi lebih gelap, mengonfirmasi bahwa tangkapan layar telah diambil. Tangkapan layar disimpan di pustaka Pictures Anda di folder Screenshot.


Kesimpulan
Seperti yang Anda lihat ada banyak cara untuk mengambil tangkapan layar di komputer Windows. Kami yakin bahwa sebagian besar dari Anda tidak tahu tentang kombinasi kunci yang telah kami beri tahu, tetapi kami menyarankan Anda untuk mulai menggunakannya.

Related : Cara Screenshot di Windows 7, 8 dan 10 dengan mudah

0 Komentar untuk "Cara Screenshot di Windows 7, 8 dan 10 dengan mudah"